AMD Radeon R9 Fury Kartu Grafis Generasi Terbaru

Ulaspc.com – Perkembangan teknologi terus berlanjut dan berkembang. Kebutuhan pengguna komputer akan kienrja grafis tinggi seperti gaming maupun pekerjaan lainya dapat dilihat dari pembelian kartu grafsi yang terus menanjak tiap bulanya. Seri grafis ternama seperti Nvidia dan AMD bersaing ketat untuk mendapatkan perhatian konsumen. Bulan ini AMD merilis beberapa seri seperti Radeon 300 series dan AMD Radeon R9 Fury. AMD Radeon R9 Fury dikenal dengan nama lain Fiji yang cukup dapat diperhitungkan dalam kinerjanya.

AMD Radeon R9 Fury dirilis dengan 3 buah seri sekaligus. Seri yang pertama adalah AMD Radeon R9 Fury X yang dibandrol dengan harga sebesar $649 atau 8,6 jutaan. Seri kedua yaitu AMD Radeon R9 Fury yang dibandrol dengan harga $549 atau setara 7,3 jutaan. Seri yang terakhir adalah Radeon R9 Fury Nano yang belum bisa redaksi ulaspc ungkapkan harganya karena masih terjadi kesimpang siuran informasi. Dengan kemampuan penuh, ketiga kartu grafis ini siap menggebrak pasar Indonesia.

AMD Radeon R9 Fury

AMD Radeon R9 Fury

AMD Radeon R9 Fury

Saat dirilis, AMD Radeon R9 Fury X didukung standar API Mantle dan juga DirectX 12 diman varian ini adalah seri terbaru dari DirectX. Keduanya dirancang dengan baik agar dapat meringankan kinerja CPU dan lebih memiliki suhu yang rendah sehingga tak mudah panas. Support yang baik dan tahan panas ini dapat dinikmati ketika menjalankan game 3D terbaru seperti Oxide Ashes of the Singularity Lionhead Fable Legens dan varian game terbaru lainya. Kartu grafis ini jugas sangat baik dalam mendukung kemampuan Windows 10.

Pengalaman gaming terbaik juga dapat sobat dapatkan dengan support resolusi UltraHD (UHD) secara penuh dari game-game terbaru sehingga sobat akan dengan mudah bermain tanpa harus menseting resolusi, karena sudah support resolusi High secara otomati. AMD Radeon R9 Fury juga akan dapat digunakan untuk memainkan game lintas genre dengan maksimal. Hal ini terjadi karena beberapa fitur pendukung dalam kartu grafis AMD seperti Vulkan, API Kronos OpenGL 4.5,FRTC /Frame Rate Target Control dan VSR/ Virtual Super Resolution.

Virtual Super Resolution dapat digunakan untuk menikmati kulitas tampilan 4K dalam monitor full HD beresolusi 1080p walau PC yang digunakan berspesifikasi standar saja. Hal yang menakjubkan bukan sobat? Cukup dengan AMD Radeon R9 Fury berkemampuan menawan, sobat dapat memainkan game 4K seperti GTA, Thief, Bioshock dan Far Cry 4. Untuk mengoptimalkan kinerja AMD Radeon R9 Fury diberikan fitur Frame Rate Target Control yang mampu memaksimalkan refresh rate dan mengatur proses output grafik pada monitor seperti yang dibeberkan oleh majalah CHIP Indonesia

AMD Radeon R9 Fury Gaming 4K

AMD Radeon R9 Fury Gaming 4K

AMD Radeon R9 Fury x menggunakan dua buah konektor yang memiliki daya sekitar TDP 275 W dengan 8-pin. Daya konsumsi yang lebih sedikit dibanding seri R9 290X. Namun redaksi ulaspc belum dapat memastikan mengenai konsumsi daya yang harus dikeluaran setiap harinya. Namun jika dilihat dari kacamata data teknis, Dari data teknis, seri AMD Radeon R9 Fury dapat menerima supply daya hingga mencapai 375 W, hal ini memudahkan sobat melakukan overclock jika menginkan kienrja lebih maksimal.

Dari segi board alias PCD justru AMD Radeon R9 Fury X memiliki ukuran yang lebih kecil sekitar 19 cm. Hal ini terjadi karena penggunaan sistem HBM yang mengharuskan AMD mengganti desain pendingin pada semua seri AMD Radeon R9 Fury. Material yang dipilih adalah alummunium yang dikemas dengan material nikel yang menghasilkan kombinasi unik dan menarik. Nilai pus dari kombinasi ini adalah bentuknya yang menjadi ciri khas dan memiliki karakter produk premium berkelas.

AMD Radeon R9 Fury X memiliki transistor sebesar 8,9 miliar yang nilainya lebih besar dibanding seri pendahulunya yaitu 290X  dengan nilai 6,9 miliar. Karena hal ini lah AMD mengganti sistem pendingin menggunakan liquid cooling tube dengan ukuran radiator sebesar 120 mm dan daya sebesar 500 W. Sistem pendingin ini sudah terpisah dengan kartu vga utama jadi meminimalisir terjadi crack atau kerusakan. AMD Radeon R9 Fury masih dilengkapi air cooling biasa dan sangat berbeda dengan seri AMD Radeon R9 Fury X.

AMD Radeon R9 Fury Preview

AMD Radeon R9 Fury Preview

Seri kartu grafis lain AMD Radeon R9 Fury adalah seri Radeon R9 Nano dan Radeon R9 Fury X2. Seri Radeon R9 Nano cukup menarik disimak karna ukuranya yang kecil dan simple dengan ukuran board sekitar 15 cm. Kaertu grafis ini adalah varian low-end jadi dijual lebih murah dibanding seri AMD Radeon R9 Fury  lainya. Kemudian AMD Radeon R9 Fury X2 sannagt menarik dengan sistem dual GPU Fiji XT yang dikemas dalam satu buah PC/ board saja. Kartu grafis ini nampaknya akan menjadi lawan yang tangguh GeForce GTX Titan Z.

Baca Juga: Jadwal Meluncur Windows 10

Berbagai kartu grafis seri AMD Radeon R9 Fury diatas mamu menjadi andalan untuk sobat. Dengan performa yang menawan tentunya sangat didambakan untuk bermain game secara maksimal. Kemampuan yang mendukung resolusi mencapai 4K tentunya sangat dinantikan karena produk ini juga merupakan baigan dari kartu grafsis terbaik saat ini. Kunjungi terus ulaspc.com untuk mendapatkan informasi terupdate seputar kompputer terbaru, terimakasih dan jangan lupa share atau komen ya 🙂

AMD Radeon R9 Fury Kartu Grafis Generasi Terbaru | admin | 4.5